Pantai Cipatujah


Pantai Cipatujah terletak di Tasikmalaya, Indonesia, sekitar 74 km ke arah selatan dari pusat kota. Luas pantai Cipatujah sendiri sekitar 115 hektar yang tersebar di kecamatan Cipatujah sampai Cikalong. Untuk Anda yang ingin mengunjungi pantai ini, lebih baik membawa kendaraan sendiri karena lokasinya tidak banyak dijangkau kendaraan umum.

Pantai ini merupakan pantai berkarang yang kaya akan terumbu-terumbu untuk ikan-ikan bertelur dan berkembang biak serta menawarkan pasir besi yang sangat baik untuk berjemur dan melakukan aktivitas rekreasi pantai lainnya. Pantai Cipatujah sangat cocok menjadi tempat olahraga voli pantai, karena pasirnya yang putih alami. Muara sungai Cipatujah yang sangat luas juga sering dipakai pengunjung untuk memuaskan hobinya memancing.

Pantai Cipatujah juga sudah dikelola secara profesional oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Fasilitas yang ada juga sudah didesain sedemikian rupa untuk melayani pengunjung. Di sekitar pantai ini, sudah banyak warung atau kios makanan yang sudah ditata rapi. Gazebo dan panggung hiburan juga dibangun untuk kepuasan pengunjung. Tempat parkirnya pun luas. Ada banyak bertebaran tempat penginapan murah di sekitar pantai Cipatujah sehingga Anda dapat berlibur di tempat ini selama beberapa hari.

Keindahan Pantai Cipatujah terlihat dari perpaduan hamparan pantai yang landai, gelombang laut yang besar, perkebunan kelapa yang subur, serta hamparan rumput yang luas. Para peternak kerbau yang tinggal di sekitar daerah pantai kerap menggembalakan kerbaunya di padang ini dan sesekali mengadakan atraksi balap kerbau yang diiringi tabuhan pencak, rampak kendang, ditambah angklung yang banyak mengundang orang untuk menontonnya. Ini merupakan suatu pertunjukan budaya setempat yang tentunya menarik untuk disaksikan.
Pantai Cipatujah juga diapit beberapa pantai lain yang tidak kalah bagusnya. Misalnya, Pantai Sindangkerta yang terletak sekitar 4 kilometer dari Cipatujah. Bagi Anda pecinta satwa laut, wajib berkunjung ke pantai ini, karena ada banyak Penyu Hijau langka, karang laut, dan beragam ikan hias.

Laut Sindangkerta punya 20 hektar taman laut yang indah. Ketika airnya sedang surut, Anda bisa menyelam dan snorkeling melihat pemandangan bawah laut ini. Di area pantai juga tersedia saung dan area kemping. Untuk Anda umat Muslim, juga tidak perlu bingung kalau mau beribadah, karena sudah tersedia masjid yang cukup besar di sepanjang pantai ini.
Untuk Anda yang gemar berbelanja ikan, jangan lupa kunjungi pantai Pamayangsari, sekitar 4 kilometer dari pantai Sindangkerta. Pantai Pamayangsari adalah kampung nelayan Kabupaten Tasikmalaya. Anda bisa mendapatkan berbagai ikan dengan harga relatif murah. Dan di waktu-waktu tertentu, berbagai jenis burung juga sering singgah di pantai ini, menambah indahnya panorama laut.

Comments

Popular posts from this blog

Taman Safari Indonesia (Safari Zoo)

Istana Es, Colorado

The Tree House, Tongabezi, Zambia