Musée du Louvre


Musée du Louvre terletak di Paris, Prancis, dan merupakan salah satu museum terbesar di dunia. Gedungnya merupakan bekas istana bangsawan dan dibuka sebagai museum sejak 8 November 1793. Museum ini juga paling banyak dikunjungi di dunia pada 2011. Jumlah pengunjungnya tercatat mencapai 8,8 juta orang, seperti dilansir dari nydailynews.com.

Museum Louvre merupakan 'rumah' bagi lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci serta 536 lukisan lainnya, termasuk juga berbagai karya seni rupa. Pengunjung akan masuk melalui piramida yang terletak di area halaman museum, lalu turun ke bagian lobi, baru naik ke bangunan utama Louvre.

Terdapat mitos seputar jumlah panel kaca pada piramida ini. Jumlahnya disebut-sebut sebanyak 666 buah, yang menurut mitos dikenal sebagai angka setan. Pada 2003, Dan Brown, melalui bukunya, Da Vinci Code yang kemudian difilmkan, kembali menguatkan mitos ini. Mungkin, mitos ini pula yang meningkatkan jumlah pengunjung.
Menurut  pihak dari Louvre, pengunjung museum meningkat sebesar lima persen pada 2011. Selama tiga tahun berturut-turut, sekitar 8,5 juta orang telah mengunjungi museum tersebut. Kedatangan turis mancanegara memang mencapai 66 persen dari total pengunjung. Jumlah turis dari Amerika Serikat berada di peringkat pertama, lalu diikuti Brasil, Italia, Australia dan China.

Comments

Popular posts from this blog

Taman Safari Indonesia (Safari Zoo)

Istana Es, Colorado

The Tree House, Tongabezi, Zambia