Situ Patenggang

Situ Patenggang (Situ Patengan) merupakan salah satu object pariwisata yang berada di Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Objek pariwisata ini terletak di dataran tinggi di kaki Gunung Patuha dengan ketinggian sekitar 1.600 meter di atas permukaan laut. Untuk Anda yang berada di luar daerah Bandung, Anda dapat melalui jalur pintu keluar Tol Kopo atau Buah Batu kemudian menuju ke arah selatan Bandung. Anda tidak perlu khawatir akan tersesat karena ada beberapa penunjuk jalan yang akan memandu Anda menuju Situ Patenggang atau Kawah Putih.

Saat Anda memasuki kawasan Ciwidey, Anda akan disuguhi dengan hamparan kebun teh, kebun strawberry dan pepohonan nan rindang. Mungkin karena wilayahnya yang berada di daerah pegunungan, maka Anda harus melalui jalan berkelok. Namun hal ini akan terobati dengan keindahan alam di sepanjang perjalanan dan udara sejuk yang sangat menyegarkan.

Beberapa foto pemandangan yang dapat Anda nikmati di sepanjang perjalanan menuju Situ Patenggang:

  
  
  
















Begitu Anda tiba di sana dan menginjakkan kaki di lahan parkir Situ Patenggang, sensasi dinginlah yang akan Anda rasakan pertama kali. Di sepanjang jalan menuju danau, terdapat penjual kerajinan tangan dan makanan khas atau buah-buahan. Ada juga musisi yang menembangkan lagu-lagu Sunda.

Sesampainya di danau, kita akan disambut oleh danau luas berair tenang dan pegunungan yang menjulang di sekeliling danau. Ada juga perahu yang dapat kita sewa untuk menjelajahi danau. Harganya pun relatif standar bila kita pandai menawar.

Penyewa perahu itu akan mengantarkan Anda untuk berkeliling. Air yang cukup jernih dan hembusan angin yang dingin dan sejuk akan membuat kita merasakan ketenangan dan kesegaran yang luar biasa. Ditambah lagi dengan pemandangan indah di sekitar danau. Uniknya, di tengah danau terdapat beberapa toko atau warung apung. Perahu biasanya berhenti di salah satu warung apung itu, jadi pengunjung bisa membeli makanan atau yang lalinnya.setelah dirasa cukup beristirahat di warung itu, perjalanan pun dilanjutkan.
Ternyata perahu pun berhenti di sebuah pulau di tengah danau. Ada banyak pohon rindang dan perkebunan teh. Selain itu, terdapat juga sebuah batu besar yang disebut Batu Cinta. Batu Cinta berasal dari legenda Jawa Barat. Kisah mengenai batu ini dapat Anda baca di lukisan atau papan yang berada di lokasi Batu Cinta. Konon di tempat inilah sepasang kekasih yang bernama Ki Santang dan Dewi Rengganis kembali bertemu setelah melewati perjalanan sulit dalam percintaan mereka dan terpisah. Menurut mitos masyarakat Patengan, air yang mengisi danau ini berasal dari kedua manusia tersebut. Bahkan mereka percaya, jika mengunjungi Batu Cinta bersama pasangannya, maka hubungannya akan langgeng.
Bukan hanya itu saja, ada juga sepeda air yang dapat disewa untuk sekedar berkeliling di sekkitar tepi danau. Anda juga dapat duduk sambil menikmati pemandangan di tempat-tempat yang disediakan.
Situ Patenggang benar-benar tempat yang cocok untuk melepaskan kepenatan dan menyegarkan pikiran serta badan kita. Tidak heran bila lokasi ini selalu menjadi objek wisata favorit yang sering dikunjungi.

Comments

Popular posts from this blog

Taman Safari Indonesia (Safari Zoo)