Rumah Sakit di Dalam Gua


Ada sebuah rumah sakit yang tersembunyi di dalam gua sepanjang 6 mil dan terowongan di bawah bukit yang menyimpan kisah sejarah kota Budapest, Hungaria. Selama Perang Dunia ke-II, beberapa gua di bawah bukit Buda Castle digunakan sebagai tempat berlindung oleh warga dari serangan udara. Saat itu, walikota setempat melihat gua tersebut  dapat dijadikan fasilitas kesehatan mengingat banyaknya orang yang yang terluka akibat perang. Akhirnya sebuah rumah sakit dibangun di bawah bukit untuk para korban perang selama dan setelah perang berlangsung.

Pada tahun 1958, banyak negara yang takut akan Perang Dingin yang terjadi kala itu sehingga rumah sakit tersebut diperluas agar dapat berfungsi sebagai rumah sakit sekaligus tempat penampungan orang dari serangan balik nuklir. Setelah perang berakhir, rumah sakit ini dijadikan museum untuk mengenang kegunaannya sebagai tempat berlindung sekaligus tempat meninggalnya para pejuang dan warga yang terluka dalam perang.

Saat ini, tempat yang kemudian dinamakan Rock Museum itu masih dijaga keasliannya dan para pengunjung dapat melihat bunker serta tempat tidur rumah sakit yang dulu digunakan untuk merawat para korban perang. Cukup seram juga ya mengingat banyak yang meninggal selama dirawat disana. Untuk memberikan bayangan akan kondisi asli rumah sakit di jaman perang, banyak mannequin atau boneka yang sengaja diletakkan di rumah sakit sebagai pasien.

Comments

Popular posts from this blog

The Tree House, Tongabezi, Zambia

Tumbleweed House